Burnley kubur ambisi Liverpool sapu bersih laga kandang

Burnley kubur ambisi Liverpool sapu bersih laga kandang

Jakarta (ANTARA) – Burnley mengubur ambisi Liverpool menyapu bersih kemenangan laga kampung Liga Inggris musim ini sesudah menahan imbang sang juara 1-1 dalam pertandingan pekan ke-35 minus penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Anfield, Sabtu.

Kiper Burnley Nick Pope berhak menjadi pemain terbaik di pertarungan itu dengan melakukan tak kurang dari delapan penyelamatan sepanjang perlombaan, demikian catatan laman resmi Bon Inggris.

Satu-satunya kegagalan Pope terjadi dalam situasi sundulan tajam Andy Robertson, tetapi keunggulan itu gagal dijaga Liverpool ketika Burnley lagi-lagi memanfaatkan situasi bola mati untuk mencetak gol melalaikan Jay Rodriguez dan menyamakan kedudukan.

Membaca juga: Liverpool tanpa sang kapten rampungkan musim

Hasil itu membuat Liverpool kini hanya berpeluang menyamai rekor 18 kemenangan kandang semusim yang dimiliki Manchester City, Chelsea serta Manchester United di musim-musim sebelumnya.

Liverpool kini mengoleksi 93 poin dan keunggulan 24 poin mungkin terpangkas mengingat Manchester City (69) baru main dalam laga lebih larut, sedangkan Burnley (50) sementara naik ke urutan kesembilan.

Sejak pertandingan dimulai, Liverpool langsung menekan tamunya tetapi bahaya yang diciptakan korban tarik Robertson bisa disapu James Tarkowski dan sepakan Curtis Jones masih mengarah tepat ke kiper Nick Pope.

Kemudian pertandingan bak pertunjukan kepiawaian Pope yang berusaha membuktikan dirinya sebagai penantang serius peraih anugerah Sarung Tangan Emas Liga Inggris musim ini.

Pope menunjukkan reaksi gemilang untuk menghalau tembakan lambung dan tembakan mendatar Salah.

Sayangnya, pada menit ke-33, Pope tak punya kesempatan untuk menyelamatkan sundulan bagus Robertson yang menyambut umpan silang terukur kiriman Fabinho dan Liverpool menggelar keunggulan atas tamunya

Baca juga: Baik cedera, Klopp pastikan Henderson langgeng angkat trofi Liga Premier

Sejak kecolongan, Burnley berusaha menerapkan pengawalan ketat sedari di lini depan namun mereka masih gagal membongkar pertahanan tuan rumah.

Sebaliknya, Pope kembali memperlihatkan kepiawaiannya ketika menggagalkan tembakan tajam Sadio Mane pada menit kedua injury time demi mencegah Burnley tertinggal lebih jauh saat tiba waktu beristirahat di ruang ganti.

Liverpool memasuki babak kedua kembali secara tensi tinggi dan Roberto Firmino hampir menyudahi paceklik golnya pada Anfield, jika saja sepakan bersantai kirinya yang sudah memperdaya Pope tak ditolak oleh tiang tiang.

Serangan bertubi-tubi Liverpool tak kunjung membuahkan hasil maka kedua tim menepi untuk masa pendinginan babak kedua dan tiba-tiba Burnley bisa menyamakan kedudukan menunggangi situasi bola mati yang dasar jadi andalan mereka.

Tendangan bebas jauh berhasil disambut oleh Tarkowski untuk diteruskan ke arah Rodriguez yang berdiri luput tanpa kawalan untuk menaklukkan kiper Alisson Becker dengan tembakan bersusah-susah mendatar ke pojok kiri bawah gawang. Burnley satu, Liverpool kepala pada menit ke-69.

Gol itu sekaligus melegakan Pope yang masih memimpin daftar pengejaran Sarung Tangan Emas Liga Inggris dengan catatan 14 laga nirbobol, unggul satu di atas Alisson.

Liverpool berusaha bangkit merestorasi kepemimpinan mereka tetapi tembakan jarak jauh Trent Alexander-Arnold serta Mane masih bisa dihentikan oleh Pope.

Setelah dua tembakan lain mengarah tepat ke pelukan Pope, Burnley berbalik mengancam lewat situasi sepak pojok tetapi tembakan penyelesaian Johann Gudmundsson menghantam mistar gawang pada menit ke-87.

Liverpool memperoleh peluang emas untuk memastikan kemenangan kala Alexander-Arnold mengirim umpan tarik kepada Salah yang berdiri bebas pada tengah kotak penalti, sayang penyelesaiannya lurus saja ke pelukan Pope dan skor imbang 1-1 menetap hingga bubaran.

Si juara selanjutnya akan bertandang ke Emirates menghadapi Arsenal dalam sabung pekan ke-36 pada Rabu (15/7) waktu setempat, beberapa jam setelah Burnley menjamu Wolverhampton di Turf Moor.

Baca juga: Dua penalti antar Watford bangkit tundukkan Newcastle
Baca juga: Terdegradasi, kapten Norwich minta maaf ke suporter

Susunan pemain:

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Neco Williams (Trent Alexander-Arnold), Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Georginio Wijnaldum (Alex Oxlade-Chamberlain), Fabinho, Curtis Jones (Naby Keita); Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane
Pelatih: Juergen Klopp

Burnley (4-4-2): Nick Pope; Phillip Bardsley, Kevin Long, James Tarkowski, Charlie Taylor; Erik Pieters (Johann Gudmundsson), Ashley Westwood, Josh Brownhill, Dwight McNeil; Chris Wood (Matej Vydra), Jay Rodriguez
Pelatih: Sean Dyche

Baca juga: Jadwal Liga Inggris pekan ke-35, Derbi London berlangsung Minggu
Baca juga: Pep Guardiola: lebih penting jadi runner-up liga dibandingkan juara FA
Baca juga: Jose Mourinho janjikan trofi untuk Spurs sebelum kontraknya habis

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020