Gernas BBI, Kang Emil menghasut ibu-ibu beli dan unggah produk UMKM Jabar

gernas-bbi-kang-emil-ajak-ibu-ibu-beli-dan-unggah-produk-umkm-jabar-1

Saya perintahkan ibu-ibu se-Jabar untuk membeli produk-produk UMKM. Jadi kalau tersedia suaminya protes bilang sekadar, ini perintah Gubernur Jawa Barat

Bandung (ANTARA) – Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Lengkap memerintah ibu-ibu yang ada di provinsi itu untuk membeli produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai bentuk dukungan dalam usaha Gerakan Nasional Bangga Kreasi Indonesia (Gernas BBI).

“Saya perintahkan ibu-ibu se-Jabar untuk membeli produk-produk UMKM. Jadi kalau ada suaminya protes bilang saja, tersebut perintah Gubernur Jawa Barat, ” kata Ridwan Kamil atau yang biasa disapa Kang Emil pada pertimbangan acara Karya Kreatif Menerangkan 2021 dan Pekan Kegiatan Jabar “UMKM Jabar Paten” di Kota Bandung, Sabtu.

Ridwan Lengkap mengajak seluruh warga Jawa Barat untuk mengunggah kepala produk UMKM di akun media sosial setiap harinya selama Kampanye Gernas BBI di wilayah Jabar sepanjang April 2021.

“Tolong bantu posting utama produk UMKM per harinya selama satu bulan ini di medsos seperti IG (Instagram) sebagai bentuk sokongan kita dalam Kampanye Gernas BBI di Jabar, ” ujar Kang Emil.

Menangkap juga: UMKM Jabar didorong manfaatkan belanja kementerian & lembaga

Ia mengatakan ada 100 acara terkait Persuasi Gernas BBI di Jawa Barat. “Ada 100 jadwal dan kita ini menjelma yang paling produktif pada menyelenggarakan acara ini, ” kata Ridwan Kamil.

Sebanyak 15. 000 UMKM Jawa Barat mau terlibat dalam Gernas BBI dan Bangga Berwisata Nusantara (BWI) dengan tajuk “UMKM Jabar Paten UMKM Juara” selama April 2021 yang diselenggarakan secara secara daring maupun luring.

Kepala Dinas Koperasi serta Usaha Kecil (KUK) Menjelajahkan Kusmana Hartadji mengatakan tersedia 15. 000 UMKM telah dikurasi dari binaan Bank Indonesia perwakilan Jabar, Jawatan KUK, dan Dekranasda.

Baca juga: Teten Masduki, Gernas BBI, dan keyakinan produk UMKM yang selalu paten

Kusmana optimistis kegiatan dengan berlangsung selama sebulan itu bakal mendongkrak transaksi yang cukup besar. “Pengalaman pada OPOP (One Pesantren One Product), saat itu digelar pameran virtual sehari.   Adapun jumlah transaksi yang terjadi hampir Rp 21 miliar, ” kata Kusmana.

Pembukaan Gernas BBI dan BWI Menggambarkan dilaksanakan pada 3 April 2021 dan diselenggarakan pameran luring mulai  2-4 April 2021 di Atrium Trans Studio Mall Bandung.

Setelah pameran luring selesai, promosi dan penjualan  produk UMKM Jabar tetap dapat dilakukan melalui website www.karyakreatifjawabarat.com, kerabat store, e-marketplace borongdong. id, shopee, dan blibli. com, https//bicef. id, serta www.pagelarankreasipriangantimur.com.

Baca pula: Ridwan Kamil manfaatkan akun medsos pribadi kampanyekan Gernas BBI

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021