Liverpool atasi 10 pemain Chelsea 2-0

Liverpool atasi 10 pemain Chelsea 2-0

Jakarta (ANTARA) – Liverpool mengatasi tuan rumah Chelsea 2-0 setelah lawannya itu harus menuntaskan pertandingan dengan 10 pemain di dalam laga pekan kedua Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Setelah Andreas Christensen dikartu merah di pengujung babak prima, Sadio Mane mencetak dua lulus untuk mengantarkan Liverpool meraih kemajuan, demikian catatan laman resmi Gabungan Inggris.

Hasil tersebut membuat Liverpool naik ke urutan ketiga klasemen dengan koleksi enam poin, tertinggal selisih gol pada belakang Everton dan Arsenal, sedangkan Chelsea (3) merosot ke susunan ke-10.

Baca juga: Klopp: Liverpool kudu lebih baik agar tetap setapak di depan

Kendati mendominasi penguasaan bola sepanjang babak pertama tak penuh peluang berarti yang diciptakan sebab Liverpool.

Christensen, dengan sempat melakukan halauan bagus arah sontekan Roberto Firmino pada menit ke-13, berubah jadi pecundang kala diusir wasit tepat di pengujung babak pertama.

Kejadian itu terjadi setelah ia mengabaikan Mane yang punya peluang baik mencetak gol dari situasi pukulan balik dan awalnya hanya diberi kartu kuning oleh wasit.

Namun, setelah meninjau tayangan ulang VAR wasit Paul Tierney menaikkan hukuman Christensen jadi surat merah.

Tendangan selamat hasil pelanggaran itu dieksekusi Trent Alexander-Arnold yang masih melenceng sedikit di sisi gawang, tetapi Liverpool punya keuntungan hanya menghadapi 10 pemain di paruh kedua.

Baca juga: Lampard pastikan Pulisic absen lawan Liverpool
Baca juga: Thiago berpeluang debut untuk Liverpool kontra Chelsea

Memasuki babak kedua, Frank Lampard mengirim masuk Fikayo Tomori mengoper Kai Havertz demi mengisi lubang di lini pertahanan Chelsea. Sedangkan Thiago Alcantara masuk melakoni debutnya menggantikan kapten Jordan Henderson.

Lima menit babak ke-2 berjalan, situasi 11 vs 10 langsung dimanfaatkan Liverpool guna menggelar keunggulan ketika Firmino mengirim sasaran silang yang diselesaikan sundulan suci Mane.

Strategi Liverpool mengurung habis Chelsea di area pertahanannya sendiri berbuah gol kedua Mane, yang dihasilkan dari blunder Kepa.

Menerima bola dari Tomori, Kepa berusaha mengirim umpan ke arah Jorginho langsung di muka gawang yang langsung dipotong oleh Mane untuk melipatgandakan keunggulan Liverpool pada menit ke-54.

Liverpool berpeluang menambah keunggulan pada menit ke-66 masa Firmino berhasil mengirim umpan terobosan terukur ke arah Georginio Wijnaldum, tetapi tembakan gelandang asal Belanda itu bisa dimentahkan Kepa.

Chelsea yang berusaha keluar dari tekanan dihadapkan pada situasi sulit karena lini depan itu kekurangan pemain, hingga pada menit ke-73 mendapat hadiah tendangan hukuman ketika Werner dilanggar Thiago di dalam area terlarang.

Mau tetapi, eksekusi penalti Jorginho mampu dimentahkan oleh kiper Alisson Becker yang berusaha mencatatkan nirbobol pertamanya setelah enam laga.

Chelsea kembali mengancam dari suatu serangan balik melalui pemain substitusi Tammy Abraham pada menit ke-84, tetapi Alisson kembali sigap membaca bola dan mengusir bahaya lantaran gawangnya.

Dalam injury time, Mane hampir melengkapi raihan trigolnya tetapi tembakan jarak jauhnya masih bisa ditepis oleh Kepa begitu juga bola muntah hasil sepak terjang salah yang terlalu keras buat dikendalikan Wijnaldum di muka gawang. Kemenangan 2-0 bagi Liverpool tak bertambah hingga peluit tanda sabung usai berbunyi.

Cara Chelsea dan Liverpool sama-sama bakal melakoni putaran ketiga Piala Liga Inggris sebagai pertandingan selanjutnya. Chelsea menjamu Barnsley pada Rabu (23/9), diikuti Liverpool yang melawat ke Lincoln City sehari berselang.

Sedangkan di pekan ketiga Liga Inggris, Chelsea bakal bersambang ke markas tim promosi West Bromwich Albion pada Sabtu (26/9), sementara Liverpool main dua hari kemudian menjamu Arsenal di Anfield.

Menangkap juga: Brighton cukur Newcastle tiga gol tanpa balas
Mengaji juga: Kombinasi jitu Son-Kane tolong Tottenham hajar Southampton 5-2

Susunan pemeran:

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Reece James, Andreas Christensen, Kurt Zouma, Marcos Alonso; Mateo Kovacic (Tammy Abraham), Jorginho (Ross Barkley), N’Golo Kante; Kai Havertz (Fikayo Tomori), Timo Werner, Mason Mount
Pelatih: Frank Lampard

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Fabinho, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Naby Keita (James Milner), Jordan Henderson (Thiago Alcantara), Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino (Takumi Minamino), Sadio Mane
Guru: Juergen Klopp

Baca juga: Mourinho tutur Kane contoh peran penting dengan kerap tak tersorot
Mengucapkan juga: Everton puncaki klasemen menjelang “big match” Chelsea vs Liverpool

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020