Lulus besar 4-0, Denmark ke perempatfinal Euro 2020

menang-besar-4-0-denmark-ke-perempatfinal-euro-2020-1

Jakarta (ANTARA) semrawut Dua gol dari Kasper Dolberg, satu dari Joakim Maehle dan satu dibanding Martin Braithwaite membuat dongeng Denmark berlanjut ke perempatfinal Euro 2020 setelah keempat gol itu membuat Denmark meluluhlantakkan Wales 4-0 di dalam pertandingan 16 Besar jarang kedua tim di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Sabtu waktu setempat.

Gol pertama Denmark tercipta pada menit 27 dari kerjasama rapi yang dirancang daripada sayap ketika bek kiri Joakim Maehle meneruskan bola kepada Mikkel Damsgaard dengan kemudian dikirimkan kepada mantan pemain Ajax Amsterdam Kasper Dolberg.

Sebab luar kotak penalti serta menghadapi blokade bek Wales, Dolberg melepaskan tendangan menikung keras ke arah kanan gawang Wales yang tidak bisa dihalau kiper Danny Ward.

Dia menggandakan keunggulan Denmark dalam menit ke-48 menyambut bola liar setelah Wales gagal menghentikan umpan menyusul tusukan sayap kanan yang bermula dari partner serang Dolberg, Martin Braithwaite.

Baca serupa: Tepis kritik, Kane jadi mengganas di babak bentuk gugur
Baca pula: Mancini ingin Italia sajikan penampilan yang pantas untuk Wembley

Braithwaite sempat malang memanfaatkan peluang untuk menambah keunggulan Denmark, namun Maehle tidak menyianyiakan peluang yang datang ke kakinya untuk menciptakan gol ketiga Denmark pada menit ke-88.

Wales terlihat frustasi selain karena terus ditekan juga karena tak kunjung bisa menembus pertahanan kolektif Denmark, sampai akhirnya Harry Wilson sengaja mengambil tangan Maehle pada menit tambahan sehingga dihadiahi kartu abang langsung oleh wasit.

Braithwaite akhirnya mendapatkan golnya pada menit 90+4 setelah melesakkan bola ke gawang Wales dengan mengelabui dulu bek Wales sudah menerima umpan dari pemangku Andreas Cornelius. Seperti besar gol Dolberg, gol tersebut juga mesti ditinjau awal oleh VAR sebelum kesimpulannya disahkan wasit.

Dengan demikian Denmark hendak ke Baku, Azerbaijan, Sabtu pekan depan untuk bertemu Belanda atau Republik Ceko dalam babak delapan luhur, sedangkan Wales yang semifinalis Euro 2016 terpaksa pulang lebih dulu.

Baca pula: Hujan penalti warnai Euro 2020, ketua wasit UEFA bela VAR
Baca juga: Daley Blind ingatkan Belanda tidak boleh remehkan Ceko

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021