Pujangga Ajip Rosidi berpulang

Pujangga Ajip Rosidi berpulang

Ajip harus menjalani operasi karena perdarahan di otak, akibat terjatuh itu

Magelang (ANTARA) – Sastrawan dan budayawan Ajip Rodisi mati dalam usia 82 tahun, Rabu, sekitar pukul 22. 30 WIB dalam perawatan pascaoperasi di RSUD Tidar Kota Magelang, Jawa Pusat.

“Betul, saya sedang ‘ke sana ke mari’ (mengurus seluruh sesuatu, red. ) ini, ” kata salah seorang anak Ajip Rosidi, Nundang Rundagi, yang dihubungi melalui telepon di Magelang, Rabu malam.

Sastrawan yang juga budayawan Ajip Rosidi tersebut menjalani perawatan dan operasi di RSUD Tidar Kota Magelang, karena sakit sejak sekitar seminggu belakang, akibat terjatuh di rumah anaknya di Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Nundang menyatakan belum bisa memberikan keterangan lebih jauh terkait dengan rencana pemakaman karena dirinya masih sibuk mengatur jenazah ayahnya itu.

Dalam keterangan Nundang sebelumnya, Ajip harus menjalani operasi karena perdarahan di otak, akibat terjatuh itu.

Ajib Rosidi, sastrawan yang berasal dari Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, menaruh minat besar terhadap perkembangan bahasa serta sastra Sunda.

Ajip Rosidi telah menghasilkan ratusan karya dalam bentuk buku maupun publikasi tulisan. Ia meraih gelar ahli kehormatan, honoris causa, bidang kemahiran budaya dari Universitas Padjadjaran pada 2011.

Baca juga: Sastrawan Ajip Rosidi dirawat di RSUD Tidar Magelang
Baca juga: Ajip Rosidi rayakan hari jadi ke-80 tarikh

 

Pewarta: M. Hari Atmoko
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020