Verstappen dominan juarai GP Stryria untuk perlebar jarak dalam klasemen

verstappen-dominan-juarai-gp-stryria-untuk-perlebar-jarak-di-klasemen-1

Jakarta (ANTARA) – Max Verstappen tampil dominan menjuarai Grand Prix Styria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria dari pole position pada Minggu demi menggembala keunggulan 18 poin sebagai pemuncak klasemen sementara tempat Lewis Hamilton.

Hamilton tak mampu menandingi kemajuan mobil Red Bull yang terlalu superior di jalan lurus dan sang pendekar dunia tujuh kali kudu puas finis runner-up pada sirkuit kandang tim rivalnya itu.

Sang pebalap Britania mengemas komisi satu poin untuk lap tercepat di saat Mercedes gagal juara dalam empat balapan beruntun untuk perdana kalinya sejak 2013.

Baca juga: Bukan rahasia sedang mobil Red Bull bertambah cepat, kata bos Mercedes

Valtteri Bottas melengkapi tribune di peringkat tiga untuk Mercedes dan Sergio Perez mengamankan P4 untuk Red Bull, demikian laman sah Formula 1.

“Saya langsung merasakan harmoni yang baik di mobil ini, menjaga ban dengan baik sejak start. Saya terus melaju memperbaiki rencana waktu lap kami. Aku menunggu pekan depan, ” kata Verstappen.

Dengan kemenangan keempatnya musim ini, Verstappen kini menyabet 156 poin di era Red Bull juga kokoh sebagai pemuncak klasemen konstruktor dengan keunggulan 40 poin atas Mercedes.

Baca juga: Verstappen raih pole position Grand Prix Styria

Hasil tersebut juga merupakan kali pertama bagi Red Bull menang dalam empat balapan secara beruntun di masa mesin hybrid V6 yg dimulai pada 2014.

Austria kembali menjelma tuan rumah dua balapan beruntun seperti tahun semrawut ketika musim F1 terdampak pandemi Covid-19 untuk prima kalinya.

Balapan seri kedelapan di kalender F1 itu berjalan tanpa drama Safety Car. Pierre Gasly menyudahi balapan lebih dini ketika mobil AlphaTaurinya bersenggolan dengan sejumlah mobil rival dan mengalami berantakan ban belakang kiri & kerusakan suspensi di lap pembuka.

Lando Norris menjaga tren sudah dengan poin musim tersebut di P5 untuk McLaren, mengalahkan duet Ferrari Carlos Sainz dan Charles Leclerc.

Baca juga: Hamilton kalahkan Verstappen di sesi pelajaran final GP Styria

Lance Stroll, Fernando Alonso, serta Yuki Tsunoda melengkapi status sepuluh besar untuk memetik sisa poin yang ada.

Dengan balapan kedua kembali digelar di Austria akhir pekan pendahuluan, Mercedes dan Hamilton hendak menemui jalan terjal untuk menahan gempuran Red Bull di kejuaraan.

“Balapan yang tidak sungguh-sungguh ramai, hanya mencoba melindungi ban ini, ” introduksi Hamilton.

“Mereka tentunya membuat perbaikan dengan besar di beberapa balapan terakhir, saya tidak tahu di mana mereka mengejarnya. Kecepatan jarak panjang itu lebih baik, kami kematian terlalu banyak waktu pada lintasan lurus, ” kata Hamilton soal Red Bull.

“Mereka lebih cepat, tidak banyak yang bisa saya lakukan secara itu. Kami harus menjumpai performa dari tempat asing. ”

Baca juga: Verstappen pimpin catatan waktu FP1 Grand Prix Styria

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021